peneliti mendapati moyang gajah modern yang ada sekarang ternyata hanya sedikit lebih besar dari ukuran kelinci. Padahal gajah pada saat ini adalah mamalia terbesar di muka bumi.

Sebuah tengkorak yang ditemukan di Maroko berusia 60 juta tahun diidentifikasi sebagai binatang yang kini merupakan mamalia terbesar di muka bumi.

Hewan itu berukuran hanya 50 cm dari belalai hingga ekor dan beratnya hanya 4kg hingga 5kg. Disebut sebagai Eritherium azzouzorum, binatang itu tidak mirip dengan gajah yang ada sekarang.

Karena yang ditemukan hanya bagian kepala, sulit bagi tim dari Prancis dibalik penemuan itu untuk secara akurat memperkirakan bentuknya seperti apa.

Analisis dari gigi menunjukkan tengkorak itu itu berhubungan, meskipun berbeda dengan gajah modern. Binatang itu 10 juta tahun lebih tua dibandingkan fosil gajah tertua yang ditemukan.

Tapi itu penemuan penting karena menunjukkan keluarga baru dari mamalia modern mulai berkembang segera setelah kematian dinosaurus.

Dinosaurus musnah sekitar 65 juta tahun lalu dan Eritherium mulai muncul bersama dengan beberapa primata lima juta tahun berikutnya.

Binatang ini tidak akan punya kesempatan berkembang di zaman dinosaurus karena kalah bersaing dalam mencari makanan. Tim itu menyimpulkan, saat binatang yang lebih besar sudah hilang, maka yang lebih kecil dan lebih bisa beradaptasi yang mampu berkembang.